Bekal Enterpreneur Pemula

Menjadi enterpreneur adalah pilihan hidup (baca:panggilan jiwa), meski perjalanan Anda ke arah ini, melalui suatu “kecelakaan”. Entah terkena imbas rasionalisasi perusahaan, sehingga Anda dipaksa untuk “di rumah” saja.he he…Kemudian mencoba untuk usaha mandiri, meski pun ini (masih menjadi pilihan terakhir) setelah usaha mencari pekerjaan baru dengan mengajukan aplikasi ke perusahaan laen, selalu kandas…hmmm.

Seperti tulisan yang terdahulu, passion menjadi bekal utama enterpreneur. Ini roh tindakan, agar perjoeangan panjang menggapai tujuan hidup, dapat mempunyai stamina yang mantap.

Setelah kondisi “spiritual” telah berada dalam tubuh Anda,..pastilah otak Anda yang cerdas itu melakukan “denial”. Otak Anda yang dipenuhi logika logika cerdas, pastilah akan menolak (baca: mengkritisi) passion Anda untuk menjadi Pengusaha Sukses.

“Woii Bung, jangan mimpi”, kata otak,”mana lah bisa kamu jadi Pengusaha Sukses…”

Ya..otak Anda tidak salah, dia merespon kenyataan kondisimu saat itu. Oleh sebab itu, kompromi dengan kenyataan adalah suatu tindakan pertama. Melihat secara jernih kondisi kita, kekurangan dan kelebihan yang Anda punyai. Bukan berdasar suatu anggapan-angapan Anda, akan tetapi kenyataan… Hal ini berguna untuk merancang strategi (weiss mirip perang ajah.he he) usaha bisnis Anda. Modal apa yang telah Anda punyai, ilmu apa yang akan menjadi dasar bisnis (apakah telah Anda kuasai) dan lain-lain. Dengan mengerti kondisi Anda saat ini dan target bisnis Anda ke depan, maka bisa menyusun langkah-langkah berikutnya.

– – – –
Segeralah cari dan daftar teman-teman Anda. Cari info terakhir mereka, berada di mana dan apa aktivitas meraka. Hal ini digunakan untuk menentukan sosok sukses yang (Anda anggap) dari teman-teman Anda,agar otak Anda yang “nakal” tadi tidak merusak mimpi Anda.” Lho..apa hubungannya”, mungkin Anda bertanya. Mimpi Anda akan dapat tertanam dengan baek di Otak Anda, apabila ada gambaran yang jelas. Ya..gambaran seorang sosok sukses sangat penting untuk menjadi petunjuk arah dan bahan bakar perjoeangan Anda. Dan ini dapat melindungi Anda dari “gangguan” yang melemahkan  perjoeangan Anda.

Pastilah social media Facebook menjadi pilihan untuk mempertemukan dengan teman lama. Minimal dapat kontak no telpon dan mulailah…bergaul dengan teman-teman yang telah Anda daftar. Baek gaul secara online atau langsung kopdar, silaturahmi ke rumah mereka. Dan tirulah mereka,mulai dari kebiasaan,sikap mental dan jurus-jurus bisnisnya. .inilah langkah ke dua…

Hal ini untuk menkondisikan mental enterpreneur Anda, karena sekian lama jadi profesional atau Anda fresh graduate,.. akan mengalami kesulitan dengan ritme jam biologis.he he e..serta yang tak kalah penting adalah menemukan IDE bisnis. Dan inilah langkah ke tiga…

Untuk langkah berikutnya…tunggu postingan berikutnya yah…(gi “fokus suatu hal” neh.he he)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s