Reportase Kopdar “Angkringan 3” Kagama Riau

Reportase “Angkringan 3” Kagama Riau
10 April 2011, 10.00, di RM. Melayu Rokan
jl. Arifin Achmad

Dari kita, oleh kita dan untuk kita

Salam lestari dan salam sejahtera untuk kita semua.

Pada hari minggu kmrn tgl 10 april 2011 kagama riau “angkringan 3” digelar lagi, kali ini mengambil tempat di RM. Melayu Rokan, Jl. Arifin Ahmad. Tidak terasa, sudah kali ketiga acara kopdar Riau ini berlangsung. Berkat kegigihan dan semangat kekeluargaan yang tinggi teman2 semua, dari waktu ke waktu selalu bertambah banyak saja dan banyak sesuatu yang bisa berbagi dalam kopdar kali ini.

Agenda “angkringan 3” kali ini pada awalnya yaitu seperti biasa yaitu:
1.perkenalan wajah2 baru & lama
2.sesi berbagi cerita & pengalaman dari mbak mila WWF tentang harimau sumatra & mbak renny Chevron tentang gajah,
3.ramah tamah dan makan siang
4.unjuk gigi lagi dari Mas lutfie tentang madu sialang dari TN. Tessonilo…bagaimana membedakan madu yg asli dan yg aspal???
5.cek warga kagama riau
6.foto keluarga.

Adapun hasil dari kopdar angkringan 3 ini adalah sbb:
1. Menginformasikan agenda kopdar angkringan 4 selanjutnya yg akan dilakukan pd pertengahan bulan mei (jadwal & tempat menyusul yah dr tim survei).
2. Materi selanjutnya adalah tentang dunia persawitan dari tmen2 kagama di sinar mas/asian agri dll. *dalam konfirmasi, apabila tdk konfirm materi akan diganti materi yang ada
3. Pembahasan tentang KLP (Kagama Leadership Program) dan program beasiswa.
4. Temen2 jangan bosan2nya harus selalu menginfokan kegiatan kopdar angkringan kagama riau dan selalu memperkuat pertemanan.
5. Mengagendakan untuk kopdar angkringan di TN. Tessonilo apabila memungkinkan (akan dilakukan survei terlebih dahulu)
6. Selalu berkoordinasi dengan kegiatan2 pengurus kagama riau.

beberapa foto kopdar angkringan 3 kagama riau

Mas2 & Mbak2 banyak sekali yg datang, didaftar absen tercatat 35 orang yg hadir dan ini merupakan rekor angkringan kagama riau, mereka ada yg datangnya selalu sendiri alias jomblo :p, ada yg barengan dan ada yg sm keluarganya yaitu mas fajri. Untuk mbak2 & mas2 yg menyempatkan dtg dari lokasi yg jauh kita semua memberikan apresiasi atas waktunya, salut dan jempol dua deh, selalu datang yah….

Berbagi cerita dan pengalaman dari temen2 kagama kali ini adalah tentang upaya penyelamatan gajah dari mba renny.

Kalau harimau mati meninggalkan belangnya, gajah mati meninggalkan gadingnya.

Pada pertemuan kagama riau angkringan 3 ini, mbak renny dari chevron berbagi cerita sedih tentang upaya penyelamatan gajah yang sekarat yang beberapa kali terjadi di propinsi riau, terutama dalam kawasan taman nasional dan kawasan hutan industri. Induk gajah yang ditemukan dekat perumahan guru cendana, Duri akhirnya mati tgl 31 mei 2011. PT. Chevron dengan bantuan beberapa pihak terkait sudah berupaya memberikan perawatan terbaik dengan memberinya makan, minum serta obat-obatan. Sekalipun segala upaya sudah dilakukan, induk gajahpun tetap tidak bisa diselamatkan. Sebelum dikuburkan, induk gajah tersebut dilakukan otopsi oleh tim BKSDA dan dibantu oleh WWF pada siang harinya. Penyebab induk gajah sekarat itu belum diketahui dengan pasti, pihak WWF menduga gajah tersebut makan sesuatu yang mengakibatkan terganggu pencernaan perutnya, sehingga gajah tidak mau makan dan kalaupun makan selalu saja dimuntahkan lagi… Semua pihak yang terlibat dalam upaya penyelamatan gajah tersebut memberikan kesan berarti, mereka berkesempatan untuk merawat gajah yang malang tersebut dan berhasil mengevakuasi bayi gajah ke pusat pelatihan gajah di Minas untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Mudah-mudahan dengan berbagi cerita dari mba renny ini para penyayang binatang dan pecinta lingkungan dimanapun kalian berada selalu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada satwa di lingkungan sekitar, termasuk gajah sumatera yang populasinya terancam punah.

-end-

Sekian reportase dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Demikian liputannya…dan maaf kl ada salah2 kata.
Semoga berkenan yah.
agungpts fpn 03. aka: agung sibolang

Untuk Foto2 kopdar angkringan 3 kagama riau bisa dilihat di: https://kagamavirtual.com/2011/04/11/foto-foto-kopdar-pekanbaru-10-april-2011/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s