Memulai “Gelar Lapak”

Banyak pebisnis pemula bingung untuk memulai “gelar lapak” / membangun usaha. Jangankan memulai menjalankan, untuk mendapatkan ide usaha saja belum terbayang.he he he. Yaaa..salah satu langkah untuk mendapatkan ide bisnis, mesti bergaul dengan orang bisnis. Semakin intens bergaul dengan orang bisnis, sepadan dengan semakin luas wawasan Anda terkait bisnis itu. Ada orang mengatakan “Knowledge is power”. Pengetahuan adalah kekuatan,…apa bener?
“Ah…si A tuh, banyak omong aja, selalu ber”teori”, bahkan sangat luar biasa teorinya”, kata si B, kemudian dilanjutkan komentarnya “tapi sayang ga pernah ada aksi, terlalu muluk, NOL hasilnya”

Pengetahuan yang menjadi kekuatan,perlu dikritisi, pengetahuan apa dan yang bagaimana??? Pengetahuan yang mendukung basis kompetensi dan keahlian dalam pekerjaan/bisnis Anda, itulah jawabannya.

Apabila pengetahuan tadi bersifat membumi (baca: konsep dapat dengan mudah dilaksanakan), maka tepat lah untuk memulai perdjoangan menggapai impian. Salah satu yang menjadi masalah klasik ketika usaha sudah berjalan adalah marketing/pemasaran. Sehebat apapun produk, apabila tidak dapat dijual..apa lah artinya?? Dan ujung suatu usaha pastilah “bagaimana suatu produk terjual,..laris manis”

Sebelum masuk ke ranahnya pak Kotler dengan segmentasi, deferensiasi dan lain lain,..untuk sekarang pemasaran produk lebih asek jika via online. Lah..udah ada internet kok,..buat lah blog, maen lah teknik SEO “search engine optimation”, biar artikel jualannya terindek oleh Google dan dapat masuk di halaman pencariannya,..syukur-syukur maksimal 3 halaman pertama (menurut pak Nukman Luthfie / NL..Virtual Consulting,.jika lebih dari 3 halaman pertama, SEO kurang mantap). Karena pengguna internet, sudah malas googling jika lewat dari halaman ke 3.

Tips nya antara lain, membuat artikel yang judul atau baris alinea pertama menuliskan kata-kata kunci (keyword) “jualan”nya secara konsisten. Blog berguna juga sebagai Personal Branding,..ini untuk teman-teman yang jualannya jasa keahlian. Ibarat kata blog pribadi ini adalah Curriculum Vitae Online yang bisa dibaca orang sedunia 24 jam. Postinglah artikel-artikel terkait dengan aktivitas bisnis ataupun keahlian, sedetail mungkin.

Sebenarnya ada juga pemasaran via Facebook, mending jika ini coba kunjungi sudutpandang.com…besutan pak NL aja he he he. Pointnya adalah kecenderungan orang membeli sesuatu produk lebih dikarenakan referensi orang yang telah kita kenal, orang sudah sangat kritis dicekoki iklan-iklan dari media massa. Oleh karena itu,sekali lagi komunitas dan jaringan pertemanan adalah penting, karena dari mereka lah, produk kita pertama kali kita tawarkan dan kenalkan.


(== Jalan mulus perdjoangan menuju impian Anda, seperti jalan Mertoyudan ini 250511 he he he ==)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s