Networking bersama Dr. Widigdo Sukarman

Kagama Learning Community

+++++++++++++++++++++++++

Jakarta 28 Mei 2011

Tempat: Indonesia Mengajar, Jalan Galuh 2 nomer 4 Kebayoran lama Jakarta Selatan

Materi: Networking

Pembicara: Dr. Widigdo Sukarman

 +++++++++++++++++++++++++

“bapak Widigdo Sukarman”

Akhirnya pertemuan awal kegiatan Kagama Learning Community bisa terlaksana, dengan model Forum Group Discussion. Pada pertemuan awal ini, Bapak Widigdo Sukarman bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi cerita dan berbagai pengalaman, terutama mengenai networking ini. Banyak sekali cerita dari Pak Wid, kisah beliau serta pengalaman pengalaman yang bisa kita teladani untuk menjadi lebih baik lagi serta menjadi pribadi yang lebih berguna lagi. Disini saya akan coba untuk menuliskan sedikit yang masuk dalam otak saya mengenai FGD bersama beliau sabtu kemaren. Adapun tema yang diangkat ialah mengenai Networking.

Networking merupakan salah satu dari kemampuan kita untuk bisa lebih mengembangkan diri untuk mencapai serta mengembangkan potensi kita.

Peningkatan Skill + Networking (dalam dan luar)

Dalam lingkungan kerja maupun lingkungan kehidupan kita, networking sangatlah penting, selain kita juga harus mengasah kemampuan teknik kita, dengan semakin kuat kemampuan kita maka kita akan menjadi seorang yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Namun kita juga harus meningkatkan networking kita. Diatas ada istilah networking dalam serta luar. Adapun definisi secara sederhana ialah:

Networking dalam : yaitu kita bisa menjalin jaringan ( bisa dikatakan) sesama alumni

Networking Luar : selain memaksimalkan jaringan alumni kita juga harus bisa mengoptimalkan jaringan di luar alumni

“Diskusi”

Ketika 2 hal ini bisa kita gabungkan maka kita akan menjadi suatu individu yang sangat dicari dan dibutuhkan. Sebuah catatan yang perlu digaris bawahi ialah, bahwa ketika kita berteman maka janganlah memilih teman, jadi berteman dengan siapa saja tanpa memandang apakah dia anak pejabat atau kah anak penjual sayur. Ya berteman saja.

Maka akan timbul pertanyaan bagaimana mengembangkan jaringan itu?

  1. Kita harus mendesain dan janganlah memilih, dikarenakan akan banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi. Sebagai contoh ketika saya mengikuti acara kopdar, niat saya cuma satu yaitu berteman dengan sebanyak mungkin teman dari lain fakultas dan lintas generasi.
  2. Kita harus bisa dikenal. Bagaimanapun pinternya kita, jika kita tidak dikenal maka sama juga kita tidak akan bisa membuat suatu terobosan ataupun ide kita akan cuma bisa tersekat di bibir. Nah hal ini berhubungan dengan mentalitas pemalu kita, malu untuk mengutarakan pendapat, malu untuk berbicara didepan umum, dll
  3. Ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan kita, maka sebisa mungkin kita akan berusaha untuk mengupayakan nya, walaupun pada akhirnya memang tidak bisa, namun sudah ada niat dari kita untuk membantunya.
  4. Berani capek

Dengan empat cara sederhana diatas, kita sudah bisa memulai untuk mengembangkan jaringan kita. Setelah jaringan ini terbentuk dengan baik, maka kita juga harus berusaha untuk menjaganya. Menjaga ini pun memerlukan energi yang lumayan tidak sedikit.

“menyimak kisah Pak Wid”

“serius”

Ketika saya menganalogikan networking saat ini ialah ring 10 (ring bawah), maka bagaimana caranya supaya saya bisa melakukan suatu migrasi vertikal untuk naik ke ring 9 yang lebih tinggi lagi. Dengan mengembangkan potensi diri serta berusaha untuk menghadiri acara seminar ataupun diskusi yang diadakan oleh alumni. Dengan demikian pastilah kita akan semakin berkembang, dikarenakan semakin tinggi kita melakukan migrasi vertikal maka kemampuan kita pun akan semakin meningkat dan semakin banyak kisah cerita dari orang yang lebih dahulu ada di ring diatas kita. Tentu saja hal itu akan semakin memberikan kita motivasi untuk lebih berkembang lagi.

“Sekedar Kenang kenangan”

Namun semua itu kita kembalikan kepada kita sendiri, apakah kita mau dan berani untuk capek? Dikarenakan  hal ini memerlukan tenaga lebih. Dan tentu saja manfaat itu mungkin tidak bisa kita rasakan hari ini, namun bisa kita rasakan beberapa waktu yang akan datang. Jadi sudah saat nya kita yang belum mau untuk mengembangkan networkingnya, mulailah untuk melakukan suatu langkah sederhana untuk mencoba melangkah. Dan jangan lupa untuk melakukan itu semua dengan senang hati. ths

“harapan GMU”

One thought on “Networking bersama Dr. Widigdo Sukarman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s