Iman dan Godaan

IMAN DAN GODAAN
Jimmy S. MBoe

(catatan ringan seorang advokat)

Malam ini sengaja saya bawa kerjaan ke rumah biar bisa ngedraf lebih santai…

Setelah draft selesai..saya print di kertas bekas dan saya baca lagi dari awal sekaligus mengkoreksi kata per kata, kalimat per kalimat …

Sebagai backsound kerja.. saya cari2 lagu2 lama di youtube…dan ketemu satu lagu lama Trio Fariz RM, Dian PP & Dorie Kalmas judulnya “Iman & Godaan “http://www.youtube.com/watch?v=2MtJboa5QFc

Menurut saya liriknya lumayan bagus..

Imanku goyah manakala

Kehidupan ini menjanjikan

Semuanya yang kuinginkan

Dari kesukaan dunia

Nafsuku kadang menggoyahkan

Kekutan iman yang tulus

Kala tergoda wanita

Binalkah mata hatiku …..

Entah mengapa ketika mendengar lagu itu saya jadi teringat kejadian tahun lalu…saat sedang menangani perkara pembebasan tanah di Cikarang antara klien saya sebagai pemilik tanah (Pak C) dengan developer..

Selain tim kuasa hukum dari kantor saya..saya juga meminta seorang teman (Om K) untuk terlibat dalam tim dengan pertimbangan Om K sudah lama kenal dengan Pak C dan sedikit banyak tahu mengenai riwayat tanah yang akan dibebaskan…

Meskipun Pak C ini punya tanah yang cukup luas tetapi Pak C tidak punya uang tunai yang cukup..sehingga akhirnya disepakati biaya operasional untuk sementara saya yang tanggung dan akan diganti serta dibayarkan berikut lawyer fee setelah Pak C menerima uang hasil pembebasan tanahnya.

Sekali waktu Om K datang ke sendirian untuk mengantarkan dokumen tambahan..

Om K: “Jim..ini ada dokumen tambahan..surat keterangan dari lurah mengenai kepemilikan tanah”

Saya: “oh..iya om..bagus tuh..buat nguatin pembuktian kita”

Setelah ngobrol panjang lebar..Om K menunjukkan selembar foto berwarna ukuran 4 R.

Di foto itu tampak seorang gadis remaja/ abg, cantik..rambut lurus panjang..kulit putih bersih..

Om K: “Jim lihat nih.. cakep gak?”

Saya: “cakep om…siapa tuh?”

Om K: “anaknya Pak C..namanya si W…baru setahun lulus SMA..udah kerja sih..”

Saya: “Ooo anaknya Pak C”

Om K: “iya..itu Pak C minta tolong ke Om…minta dicariin suami buat si W..kalau bisa pengacara gitu..”

Saya: “Ooo”

Om K: “kalo jimmy kan udah punya binik..ada gak temen jimmy yang belum nikah..yang pengacara jugak..”

Saya: “ada om..coba deh nanti kutanyak-tanyak..”

Om K: “kalo gitu fotonya jimmy pegang aja ya..”

Saya: “Boleh om”

Setelah ngobrol sekitar setengah jam lagi Om K berpamitan.

Om K: “om pulang dulu ya..besok om kesini lagi sama Pak C”

Saya: “oke om..”

Kemudian saya simpan foto si W di map dan melanjutkan pekerjaan.

Keesokan harinya Om K datang bersama-sama Pak C…sambil membawa bungkusan dalam tas plastik..

Pak C: “siang pak jimmy apa kabar?”

Saya: “baik pak..gimana kabar”

Pak C: “saya baik pak..hehehe..oh iya pak..ini ada oleh-oleh buat temen ngopi”

Saya: “aah..apa ini..kok repot-repot” (jawab saya sambil menerima bungkusan tersebut)

Setelah ngobrol membahas perkara kurang lebih satu jam…Om K menarik lengan saya..

Om K: “jim..sini bentar deh..ada yang mo om omongin..bentar ya pak..”

Pak C: “iya pak”

Saya dan Om K menuju ke ruang sebelah..

Saya: “Kenapa om??”

Om K: “gini jim…mengenai si W..”

Saya: “oo..aku belum sempet hubungin temenku om..”

Om K: “enggak jim..kalo menurut jimmy gimana..si W cakep gak?”

Saya: “cakep om..”

Om K: “gini jim..om tadi di jalan udah sempet ngobrolin saya Pak C…kata Pak C..dia setuju aja kalo jimmy mau sama si W…dijadiin bini muda juga gak apapa..“

Saya: “Lhooo…”

Sepintas berkelebat di benakku wajah istriku dan senyum anak-anakku…

——————

Catatan:..selain iman..amin kita juga harus kuat ..tahan godaan..

-Jimmy S. Mboe-
advocate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s