Pengakuan Diri

Niat hati menyalurkan hobby menulis berdasarkan ide-ide yang muncul dalam situasi yang tidak terduga. Kadang muncul saat chatting, saat mandi, saat mendengarkan orang curhat, saat beribadah, dll. Kadang kalau munculnya saat naik kendaraan malah sering lupa ketika aku kemudian berhadapan dengan laptop berkoneksi internet.

Topik tulisan bisa tentang perjalanan diri, atau pengamatan dari fenomena di sembarang tempat, atau terilhami oleh kisah seseorang, dll. Selanjutnya tulisan diramu secara tersamar agar sesuai dengan kode etik jurnalistik dan membawa pesan untuk kebaikan. Bumbu tulisan biasanya naratif (urut waktu), pemaparan (deskriptif), lugu, lucu, logika sederhana, dan menutup pesan nasehat universal.

Namun demikian, niat baik belum tentu diterima baik. Menasehati belum tentu berkenan. Bahkan beberana berbalik menentang atau mencibir dengan sindiran. Menebarkan tulisan harus siap dengan segala respon, bukan hanya respon pujian. Tercatat sekitar 3 orang anggota grup ASMORO JIWO yang merasa terganggu dengan kiriman tulisan multitopik ini, Sehingga dengan berat hati memilih dikeluarkan. Bahkan dalam celoteh di wall umum pernah juga membuat berang beberapa orang, walaupun niat hati bukan untuk itu.

Ketika perjalanan bertemu lubang, atau harus terjatuh, penyesalan panjang menyusup ke dalam sanubari. Tiada niat sedikitpun untuk menyakiti orang lain. Sehingga kadang perlu menyepi beberapa waktu untuk mengoreksi diri, untuk menenangkan hati dan untuk merencanakan perbaikan langkah ke depan.

Demikian juga ketika bertemu dengan “hari baik” yang disepakati kebanyakan orang untuk saling maaf-memaafkan. Maka, dengan kerendahan diri saya menghaturkan permohonan maaf kepada semua pihak yang baik sengaja maupun tidak disengaja telah tersakiti oleh perkataan dan tulisan yang kubuat. Nasehat balasan sangat saya tunggu untuk perbaikan ke depan.

Semoga pertemanan atau persaudaraan yang lintas batas ini menjadikan keberkahan buat semua, untuk saling nasehat-menasehati dalam kebaikan dan nasehat-menasehati dalam ketaqwaan.

Selamat Idul Fitri bagi yang merayakan
Selamat berkumpul dan berbahagia bersama keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s