Kopdar Dadakan di Houston: Kebersamaan dalam 4 pounds Crawfish di Wild Cajun

Kebersamaan dalam 4 pounds Crawfish di Wild Cajun, Houston

Wild Cajun, 6533 Wilcrest Dr., Ste. 104, Houston, TX, 77072

Kamis 22 September 2011, saya janjian dengan Mas Arif Yudi untuk ketemu di hotel tempatku menginap. Saya pulang dari training jam setengah enam dan Mas Arif datang tepat jam enam. Kami kemudian ngobrol di kamarku. Saya dan Mas Arief sama-sama sekolah di SMA 3 Jogja dan Fakultas teknik UGM, dia di Elektro dan saya Geologi.

Sekitar jam 7, kami jalan-jalan menggunakan Doddge-nya Mas Arief. Mas Arief bekerja di Transocean, perusahaan pengeboran minyak sebagai drilling instrumentasi, sebauah profesi yang langka karena hanya ada 3 orang di dunia (?). Dia sedang ada pekerjaan di Houston selama 40 hari. Tujuan kami adalah menikmati crawfish yang merupakan salah satu makanan khas di sini.

Setelah putar-putar kota Houston, akhirnya kami sampai di Wild Cajun yang beralamat di 6533 Wilcrest Dr., Ste. 104, Houston, TX, 77072. Mas Arief biasa makan crawfish di sini bersama dengan boss Amerikanya. Kami kemudian memesan makan kami, yang berupa 4 pounds crawfish medium pedasnya, jagung godog dan french friesh, sedangkan minumannya coca cola.

Daftar Menu

Memilih Menu

Toast! untuk kagama dan Indonesia

Sambil menunggu pesanan datang, kami ngobrol ngalor ngidul, tentang keluarga, karir dan pekerjaan. Adik Mas Arief, Adnan merupakan teman dekatku di SMA, jadi obrolan bersambung kemana-mana. Tidak berapa lama kemudian pesanan kami datang, setelah sebelumnya pelayan membentangkan plastik di atas meja.

French Friesh

4 pounds crawfish dan 2 potong jagung

Crawfish siap dinikmati

Sebaskom kecil crawfish dan 2 potong jagung tersaji di atas meja, dan sepiring frenchfriesh. Crawfish merupakan makanan yang berasal dari Gulf of Mexico, dan belum pernah kujumpai di Indonesia. Mas Arief menekankan sekali agar saya menikmati makanan ini, dan menerangkan cara memakannya.

Mengajari cara makan

Crawfish (Panulirus argus) adalah Crustacea laut malam yang merupakan bagian penting dari budaya Bahama.Nama umumnya meliputi Caribbean spiny lobster, crawfish, rock lobster, Florida lobster, common spiny lobster, langouste blanche, langouste . Mereka ditemukan di seluruh perairan tropis dan sub-tropis di Samudera Atlantik, Laut Karibia dan Teluk Meksiko. Cara memakannya, crawfish dibuang kepala dan ekornya, kemudian badannya yang bercangkang keras dipencet agar pecah dan kulitnya mudah dibuang. Isi badannya yang putih tinggal dinikmati. Rasa aslinya gurih, karena sudah dibumbui jadi agak pedas dan asin, mirip dengan kepiting. Nyamleng. Sambil makan kami melanjutkan perbincangan. Crawfish memang enak dinikmati untuk teman ngobrol yang lama. Rasanya enak, harganya affordable dan tidak mengenyangkan, meskipun perlu effort untuk menikmatinya.

Menikmati crawfish

Makan berdua

Malam semakin larut, dan crawfish dimeja semakin berkurang, sampai akhirnya habis. Kami sempat minta pramusaji untuk memotret kami berdua. Dan tak lama kemudian Mas Arief membayar. Wah enak tenan, dah makan enak masih ditraktir lagi. Maturtengkyu Mas Arief. Kami masih sempat foto-foto di depan rumah makan.

Sisa-sisa kulit dan kepala

Membayar

Nampang di depan rumah makan

Mas Arief Yudi

Mas arief kemudian mengantar saya pulang kembali ke hotel. Di tengah jalan kami sempat memoto, sebuah gereja yang kebaktiannya menggunakan bahasa Indonesia di hari Minggu. O, iya Mas arief mengetahui saya di Houston dari grups pisbuk Kagama, sehingga berinisiatif mengajak saya ketemuan. Sungguh perjumpaan yang menyenangkan, bertemu kawan lama, di tempat jauh, dan ditraktir makanan enak. Mungkin ini gunanya social networking.

Salam kopdar!

Houston, 24 September 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s