Serasa Lebaran di Rumah

‎….. Serasa Lebaran di Rumah….

Hirmaningsih Rivai

Tulisan ini di dedikasikan buat Ibu Muin, Ibu Kostku yang cantik dan baik.
****************************************************

Hari ini adalah yang kedua kalinya di Medan. Tidak pulang dan merayakan bersama-sama teman. Tahun lalu setelah sholat, langsung menuju salah satu kontrakan temanku. Kebetulan ia bawa anak-anaknya dan memiliki pengasuh untuk anak-anaknya. Kami diundang makan soto daging sapi sebagai pelipur lara tidak pulang. Kami di sana sampai sore. Ternyata oh ternyata ibu kost juga sudah menyiapkan lontong.

Tahun ini, jauh-jauh hari, ia telah mengatakan bahwa setelah sholat jangan kemana-mana. Beliau akan memasakkan lontong buat kami. Jadilah kami pesta pora makan lontong di hari Lebaran ini. Beliau letakan di ruang TV, tempat kami biasa berkumpul dan menonton. Jadi kami bisa makan sepuasnya dan bisa bolak-balik makan sampai sore ini. Padahal jumlah anak kost yang lebih dari 10 orang. Bayangkan.

Ibu kost kami, seorang janda yang cantik, usianya sudah 70 tahun. Tadi kami pergi sholat ke lapangan bersama-sama. Sehabis sholat, kami bersalaman satu persatu dengan ibu dan anggota keluarganya. Lalu beliau menyuruh kami makan makanan yang telah disediakannya. Hari ini beliau menyajikan: Lontong opor dengan daging ayam yang besar-besar, tauco udah+tempe+telurpuyuh+kacang panjang, sambal teri Medan+kacang+tempe, aneka kerupuk. Dan yang pasti sebotol sirup rasa Melon.

Ibu Kost tidak punya pembantu, anaknya 3 orang sudah menikah, 2 orang di Medan tinggal terpisah dan satu orang lagi di luar negeri. Ia tinggal dengan 2 ponakannya yang diasuh sejak kecil. Hari Jum’at dia sudah mulai belanja dan mempersiapkan segala sesuatunya. Menyiapkan sendiri makanan untuk anak-anak kost. Ia memberikan kami makanan dengan uangnya, masakannya sungguh lezat karena beliau pandai memasak dan memasak dengan penuh cinta. Beliau juga mencurahkan kasih sayang dengan waktu yang disisihkan untuk memasak semua sajian itu. Yang jelas.. beliau sangat mencintai kami, anak-anak kost yang baik, cantik walaupun sedikit nakal juga ha ha ha. Namanya juga anak kost, terkadang suka meribut sampai malam dan kadang rada-rada telat bayar kost.

Terimakasih Ibu kostku yang cantik, semoga selalu sehat di usiamu yang tidak muda lagi. Semoga kebaikanmu membuat kami selalu mengingatmu dan menjadi tauladan bagi kami. Terimakasih telah membuat lebaranku dan teman-teman kost yang lain serasa di rumah. Terimakasih telah menjadi Ibu Rantau buat kami.

Inilah Pengalamanku Lebaran di Rantau, Bagaimana dengan Anda?

Medan, Lebaran Haji 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s