Integritas

“..selamat pagi…”, terdengar suara dari seberang kawat nun jauh di sana

“ selamat pagi juga Pak” saya lirik jam dinding, “hmm, baru jam 03.30 dini hari”, Bos Bengkel Mobil di Jatim dah kontak pagi itu,.kemudian saya lanjutkan bertanya “..pa kabar Pak, ada apa neh? Tumben jam segini dah kontak saya.he he”

“ iya mas,.ada yang mesti segera saya obrolkan…..”

Sering kali terdengar kata ini. Sebuah kata yang dalam aktivitas kita baek dalam bekerja ataupun berkarya sangat diperlukan. Sebuah “kata sakti” yang menggambarkan jiwa raganya dipersembahkan untuk yang dilakukan saat ini. Dan entahlah Anda sebagai seorang profesional ataupun entrepreneur, jika memiliki karakter ini,..hanya lah waktu yang akan membuktikan bahwa sukses ada digenggaman🙂

Perjalanan seorang entrepreneur dalam membangun bisnisnya tak lepas dari “kata sakti” itu. Berhasil tidaknya bisnis bisa terletak dari sini. Integritas tidak langsung diperoleh, karakter ini menjadi sebuah hasil dari proses panjang, yang diawali terlebih dahulu dengan kecintaan (passion) akan aktivitas/pekerjaan/bisnis kita saat ini.
Seperti pada penggalan percakapan via telepon di atas. Tidaklah mengenal waktu, tempat dan keadaan, asal badan sehat dan segalanya memungkinkan, seorang entrepreneur dituntut segera menindaklajuti segala keluhan customer/klien. Ibaratnya, seorang entrepreneur mempunyai jam kerja 12 jam lebih, dalam 7 hari seminggu dan 365 hari setahun. Itulah salah satu integritas terkait keadaan.🙂

Dalam hal produk usaha, ada kalanya, oleh karena suatu hal, produk Anda dinilai cacat dan tidak sesuai dengan spesifikasi. Segala komplain pelanggan harus segera ditinddaklanjuti, jika perlu saat itu juga. Dan buatlah aturan di kantor, bahwa semua pasukan tidak boleh menerima uang dari pelanggan terkait komplain yang telah terselesaikan. Tidak boleh menerima uang apalagi meminta, meskipun ada biaya yang dikeluarkan dalam pemenuhan komplain pelanggan. Inilah salah satu integritas terkait pelayanan.

Sebuah integritas, pastilah akan diuji ketahanan dan yakinlah integritas sangat mahal harganya, tidak ternilai dengan uang “terima kasih”,.karena impilkasi integritas adalah branding perusahaan atau citra baek usaha ke depan. Hal ini akan menjadi rekomendasi klien/pelanggan ke teman bisnis atau pun akan mengikat secara emosional. Ikatan pelanggan secara emosional akan kuat dan terkadang tidak lagi memperhitungkan nilai produk yang dibeli ke kita.
Integritas membutuhkan kesabaran karena hasil sebuah integritas baru dapat hasilnya setelah sekian lama waktu mengujinya.

“ …apapun Anda, profesional atau pengusaha integritas segalanya nDan !!!… “😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s