Gathering UGM dengan Mitra Pemberi Dana Beasiswa

Gathering UGM dengan Mitra Pemberi Dana Beasiswa

Aloha.

bea1

Selasa kemaren, mendadak siang-siang aku telepon dari nomer Jakarta. “Wah, siapa nih?” pikirku. ”Jangan-jangan sales kartu kredit dari Bank X yang tidak mudah menyerah itu.” Setelah diangkat ternyata aku telah suudzon tingkat dewa, dari Mas Komo teman-teman. Mas Komo mengabarkan bahwa ada acara gathering UGM dengan pemberi beasiswa. Nah, berhubung Mas Komo, Mbak Aroem, dan teman-teman senior lain pada nggak bisa, akhirnya diutuslah aku yang cupu ini untuk ikutan.
Acara gathering ini dimulai Jumat siang di Wisma MM UGM. Kebetulan sebelum masuk ruangan, aku sempat bertemu dengan perwakilan salah satu bank ternama. Beliau cerita sedikit soal masalah yang ditemui dalam penyaluran beasiswanya. Wah selama ini kupikir pemberian dan penyaluran beasiswa itu adalah hal yang sederhana, namun ternyata enggak juga.

bea2Sekitar pukul 2 siang, Prof. Ir. Dwikorita, MSc. Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni, hadir membuka acara. Dengan gaya yang santai, menyenangkan, dan mudah diikuti, beliau menceritakan harapan dan peluang pemberian beasiswa maupun kerja sama. Misalnya harapan mengenai lebih meratanya peruntukan beasiswa sehingga tidak terkonsentrasi di fakultas tertentu. Kemudian bahwa selain dana beasiswa, kerja sama juga bisa dilakukan dengan lokakarya (workshop), pelatihan, dan sebagainya yang bersifat peningkatan soft skill. Selain itu pun tidak perlu melulu soal intelektualitas, kerja sama juga bisa dilakukan soal kesehatan. Contohnya BNI Park yaitu taman khusus berisi jajanan sehat atau BCA yang menyerahkan 1 set gamelan untuk UKM. Hmm, Kagama Goes Green kemaren kayaknya juga masuk kategori ini kan ya?

Sesudah sesi pembukaan, ada paparan Program Beasiswa di UGM yang disampaikan oleh Dr. Drs. Senawi, MP. Beliau antara lain menyampaikan bahwa beasiswa diberikan pada sekitar 12 ribu dari total sekitar 57 ribu mahasiswa UGM. Jumlah absolutnya sangat fantastis dan sebagian besarnya berasal dari Bidik Misi Depdikbud. Salut untuk Depdikbud. Oya mengenai peruntukan beasiswa tadi, berdasar data Dr. Senawi, kulihat yang banyak menerima beasiswa adalah Vokasi, Isipol, Kedokteran, Hukum, serta Ekonomika & Bisnis. (Btw, bisa jadi konsentrasi ini cukup wajar karena bar jumlah mahasiswa fakultas terkait pun tinggi. Sayang slide-nya agak terlalu cepat diganti, jadi aku gak sempat baca datanya dengan lengkap. #alasan)

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan program pemberi beasiswa. Presenter pertama adalah Dr. Laurensius Manurung mewakili Beasiswa BUMN dan beliau ini adalah Direktur Keuangan PT Angkasa Pura 2. Wah, banyak tamu penting ternyata. Beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri BUMN dengan 27 rektor universitas negeri di Indonesia maka disediakan dana 85 miliar untuk pemberian beasiswa selama 4 tahun (asumsi lama kuliah optimum). Pembagian beasiswa ini dilakukan berdasar populasi mahasiswa universitas yang bersangkutan. UGM sendiri memperoleh alokasi dana 6 miliar. Yang menarik, 1,3 miliarnya belum tersalurkan, padahal tahun 2013 ini merupakan tahun penghabisan untuk program yang dimulai sejak 2009 ini.

bea3Sesudah Dr. Laurensius Manurung, paparan program dilakukan oleh Bapak Yanuar Tomy, Direktur SDM PT Tenaris. Program mereka ternyata merupakan bagian dari program internasional beasiswa Roberto Rocca, yang ditujukan khususnya untuk mahasiswa bidang teknik. Menarik juga sih lihat program beasiswa internasional ini. Pendaftar di Indonesia, misalnya, perlu punya IPK min. 3,25, lancar berbahasa Inggris, dantidak boleh mengambil cuti dalam 2 tahun terakhir.

Kemudian ada paparan sejarah, visi, misi, dan kebijakan UGM dari Ir. Muhammad Sulaiman, MT, Ph.D. Ada 2 hal yang menarik dari sesi ini. Pertama, Doktor Sulaiman menunjukkan gambaran desain Gedung Pusat UGM oleh Ir. Hadinegoro. Wah, luar biasa bagus dan megah, apalagi kalau mengingat gedung itu dibuat zaman Indonesia masih susah. Kedua, beliau juga menyampaikan visi kerakyatan UGM, terutama bagaimana UGM beraspirasi menjadi contoh dan juga teladan bagi masyarakat sekitar. Ini visi yang agak jarang kita dengar bila dibandingkan dengan cita-cita World Class University. Namun entah kenapa, ketika mendengar beliau menyampaikan ini semua rasanya seperti melihat founding fathers-nya UGM, ada kebanggaan tulus dan kemuliaan mimpi di sana.

bea4Tidak terasa, waktu akhirnya menjelang malam dan peserta dipersilakan beristirahat sebentar. Pukul 7.30 malam, kami ke Balairung dan di sana disambut dengan acara… makan malam.😀 Saat itu, di panggung juga dipertunjukkan Tari Gambyong oleh mahasiswa UKM. Tidak lama kemudian, ada testimoni mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa. Menarik sekali mendengarkan mereka yang sangat berterima kasih atas beasiswanya namun masih sempat menyebarkan semangat dan antusiasmenya untuk membangun Indonesia.
Kami kemudian mendengarkan sambutan Prof. Dr. Pratikno, MSoc.Sc, Rektor UGM. Beliau terutama sekali bercerita mengenai peran UGM sebagai universitas nasional, di mana mahasiswa-mahasiswa dari berbagai daerah bertemu dan berkumpul di sini untuk menjadi orang Indonesia. Salah satu sarana untuk memenuhi peran ini adalah pembangunan asrama untuk mahasiswa baru. Namun ini sepertinya merupakan undangan sumbangan dana untuk entitas-entitas besar, mengingat asrama yang mulanya dibangun oleh Depdikbud ini bernilai Rp5,7 triliun. Soal pembangunan asrama ini kemudian mendapat tanggapan langsung dari perwakilan Dirjen Dikti, Dr. Widyo Winarso, yang juga hadir untuk memberi sambutan sebagai perwakilan pemberi dana beasiswa.
bea5Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Gadjah Mada Chamber Orchestra dan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemberi beasiswa serta foto bersama perwakilan pemberi beasiswa dengan Prof. Pratikno, Rektor UGM, dan Dr. Widyo Winarso dari Dikti.Salah satunya tentu saja Kagama Virtual. Salut buat teman-teman. Semoga amal baik ini bisa terus dan makin berkembang.

bea7

Demikian laporanku.Ciao.

arie rahayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s