Press Release

1 ALUMNUS 1 POHON
Gerakan untuk Hijaukan Kembali Lereng Merapi
dan Galang Dana Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi Kurang Mampu

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menyelenggarakan serangkaian kegiatan khusus bernama “Kagama Goes Green.” Melalui kegiatan ini KAGAMA ingin mewujudkan hutan pendidikan konservasi yang diberi nama Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri (HPKKH), di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Hutan Pendidikan Konservasi ini ditujukan untuk sarana pembelajaran konservasi bagi mahasiswa dan masyarakat, sekaligus wujud aksi kongkrit KAGAMA dalam mengkampanyekan pengurangan carbon footprint yaitu emisi karbondioksida (CO2) dan gas metana (CH4) dalam kaitannya dengan issue global warming saat ini. Kagama Goes Greenmerupakan rangkaian kegiatan penggalangan dana untuk pengelolaan dan pengembangan HPKKH yang telah diinisiasi oleh Kagama sejak 11 Maret 2012 dengan dukungan penuh dari Direktorat Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan. Selain itu, juga untuk keperluan penggalangan dana beasiswa bagi mahasiswa UGM berprestasi yang kurang mampu.

Selain untuk menghijaukan kembali Merapi dengan melakukan gerakan penanaman pohon, kegiatan ini juga mengkampanyekan gaya hidup peduli lingkungan. “Kami mencoba mengkampanyekan gerakan “Satu Alumnus, Satu Pohon”.Selain itu, untuk memperkenalkan pentingnya pendidikan lingkungan hidup kepada orang tua dan anak-anak, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengubah gaya hidup yang lebih pro lingkungan dalam upaya mengurangi carbon foot print.” ungkap Ketua Umum Panitia Irvan Kristanto. Parsitipasi seperti apa yang bisa dilakukanuntuk mendukung gerakan penghijauan ini? “Salah satunya dengan hanya membayar minimal senilai Rp 100 ribu, berarti seseorang telah menyumbangkan satu pohon untuk bumi. Dana ini juga untuk perawatan hutan hingga 6 bulan berikutnya.” jelas Irvan.

Sekjen PP KAGAMA Prof. Dr. Ir.Budi Wignyosukarto, Dipl. H., mengatakan,”Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab KAGAMA untuk mencoba mengembalikan ekosistem Merapi yang kaya akan keanekaragaman hayati dan sumber plasmanuftah. Kegiatan ini sangat sesuai dengan Visi KAGAMA mengoptimalisasi peran jaringan alumni dalam rangka membantu penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara; termasuk untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat di sekitar lokasi dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat baik dalam aksi tanam maupun perawatan serta pengelolaan dan pengembangannya ke depan”

Sementara itu Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, Msi menyampaikan bahwa pihaknya menyambut dengan gembira kegiatan Kagama Goes Green ini. Kegiatan ini sangat signifikan dampaknya bagi pemulihan hutan di lereng Merapi yang tentu juga sangat berpengaruh pada kualitas hidup warga Merapi dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan ini juga sangat membantu penyediaan dana bagi program beasiswa yang sedang digalakkan UGM. UGM merasa perlu untuk tetap berkomitmen kepada mereka yang tidak bisa belajar di UGM hanya karena tidak memiliki dana. “Universitas Gadjah Mada berharap dengan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut ide-ide segar dan aktual untuk berkontribusi pada upaya bersama menuju Indonesia yang lebih baik,” tandas Pratikno.

Irvan menjelaskan bahwa rangkaian acara akan berlangsung dalam beberapa tahap dan berbagai bentuk event maupun tempat. Acara dimulai dengan Konser Amal Kagama Goes Green, sebuah konser vokal dari klasik hingga kontemporer, kolaborasi musikus alumni UGM yang akan diselenggarakan pada Jum’at 23 November 2012, mulai 19.00 WIB di Auditorium Pusat Kebudayaan Jerman, Goethe Haus, Menteng, Jakarta Pusat. Para performers diantaranya Duta dan Adam Sheila on 7, Anggito Abimanyu, Kristiawan dan Krishna, serta monolog bintang tamu Butet Kartaredjasa.

Selanjutnya, Sabtu 8 Desember 2012, pukul 04.30-06.00 akan diselenggarakan Gowes Guyub KAGAMA dari Stasiun Tugu menuju Bulaksumur sekaligus merupakan penjemputan rombongan dari Jakarta yang bersama-sama naik kereta api dari Stasiun Gambir Jumat, 7 Desember malam. Gowes Guyub KAGAMA ini akan diramaikan oleh komunitas sepeda S3GAMA (Sepeda Sehat Sipil Gadjah Mada) serta bekerja sama dengan tim SLRT (Sepeda Listrik Roda Tiga) dan SLRE (Sepeda Listrik Roda Empat).

Pada hari yang sama, pukul 09.00-12.00,digelar Sharing danDiskusi “UGM Almamaterku : Melacak Visi Kebangsaan dan Kerakyatan Pendidikan”, yang akan berlangsung di pendopo Wisma Kagama, menampilkan pembicara Ketua Pengda KAGAMA DKI Ir. Budi Karya, technopreneur Nukman Lutfie, dan Anggota MWA UGM Prof. Dr. Sutaryo SpA (K).

Selain itu, pada saat yang sama diselenggarakan juga Donor Darah “One Drop to Save Lifes” di Ruang NURI Wisma Kagama. Acara ini tidak hanya melibatkan civitas akademika, namun juga masyarakat umum yang ingin berpartisipasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjaring pendonor lebih luas sehingga dapat menghasilkan kantong-kantong darah yang lebih banyak untuk kemanusiaan. Kerjasama dilakukan dengan PMI Cabang Kota Sleman dan UKM Ukesma (Unit Kesehatan Mahasiswa) UGM sebagai panitia operasional kegiatan. Pendonor akan diberikan souvenir pin dan makan siang.

Sorenya, pukul 13.00-17.00 akan dilaksanakan juga Pesta Kreasi Limbah Plastik untuk anak-anak dan keluarganya di Pendopo Wisma Kagama dengan tema Dare To Be Green. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak dan keluarganya untuk berkreasi memanfaatkan limbah plastik menjadi barang yang berguna. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi media untuk memperkenalkan dan terus mengkampanyekan pentingnya cinta lingkungan. Peserta membawa sendiri limbah plastiknya dari rumah. Panitia akan menyediakan tim instruktur untuk memberikan pelatihan singkat secara massal tentang bagaimana memanfaatkan limbah plastik menjadi sesuatu bentuk yang lebih menarik dan berguna untuk kemudian dicat atau dihias. Hasil karya akan menjadi milik peserta kembali, di samping akan mendapatkan souvenir berupa bibit tanaman untuk ditanam di rumah masing-masing dan beberapa bingkisan menarik lainnya.

Malam harinya, acara nostalgia alumni “KAGAMA Night: We are the Champions” di Hall GelanggangMahasiswa UGM, Sabtu 8 Oktober 2012, pukul 19.00 – 23.30. Malam keakraban ini sebagai ajang mengenang kembali masa kuliah dan mempererat hubungan lintas angkatan dan lintas fakultas. Berlangsung santai sembari menyantap hidangan makan malam dan akan diramaikan dengan penampilan alumni Unit Kegiatan Mahasiswa, seperti Paduan Suara dan Gama Band, kemudian Dadang dan Black Mask (classic rock) serta monolog Butet Kartaredjasa.

Hari berikutnya, Minggu 9 Desember 2012, pukul 08.00-09.00, akan berlangsung Peresmian Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri (HPKKH) oleh Mentri Kehutanan H. ZulkifliHasan, SE., MM. di Lapangan Cangkringan dan kawasan HPKKH Merapi. Inilah puncak acara seluruh rangkaian kegiatan. Selajutnya penanaman pohon bersama dan Lava Tour.

Selama acara, seluruh peserta didorong untuk mengabadikan momen-momen yang berlangsung sejak keberangkatan dari Jakarta, selama dikampus UGM, dan Merapi, pada 7, 8, dan 9 Desember 2012, menggunakan kamera yang mereka miliki baik kamera khusus maupun kamera yang di handphone mereka. Dengan demikian semua peserta berkesempatan untuk mengikuti Lomba Foto bertema “Go Green.” Hasil karya foto peserta selanjutnya dinilai oleh para juri professional seperti Ahmad Zamroni, Dwi Budi Prasetyo, Haryanto R Devcom, Kristupa Saragih, dan Nurpinto Hadi. Seluruh foto yang masuk ke panitia nantinya akan dipamerkan pada acara Dies Natalies UGM Desember 2012.

Acara yang padat ini terbuka untuk alumni UGM dimanapun berada maupun masyarakat umum. Untuk berpartisipasi dan pendaftaran bisa membuka web www.kagamavirtual.com.

Jakarta 19 November 2012

Panitia KAGAMA GOES GREEN

 

Irvan Kristanto                                                                                                                          Aroem Naroeni

Ketua Umum                                                                                                                              Sekretaris Umum

Kotak Informasi

Info kegiatan selengkapnya : www.kagamavirtual.com

Konser Amal:

  • Tempat :  Goethe Haus, Menteng, Jakarta Pusat
  • Waktu   :  Jumat, 23 November 2012, pukul 19.00-selesai
  • Performers:
    • R Kristiawan (tenor)
    • Krishna Dharma (tenor)
    • Diani Sitompul (sopran)
    • Marusya Chamber Music
    • Adelaide Simbolon (piano)
    • Pulung (rocker)
    • Art Director : Yudi Ahmad Tajudin – Teater Garasi
    • MC : Mayong Suryolaksono & Amie Ardhini
    • Bintang Tamu :
      • Anggito Abimanyu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama
      • Duta dan Adam Sheila on7
      • Butet Kartaredjasa (monolog)

Gowes Guyub
Penyambutan rombongan alumni dari Jakarta menuju kampus UGM.

  • Oleh : Komunitas sepeda S3GAMA (Sepeda Sehat Sipil Gadjah Mada), tim SLRT (Sepeda Listrik Roda Tiga), dan SLRE (Sepeda Listrik Roda Empat).
  • Tempat : Stasiun Tugu- kampus UGM.
  • Waktu  : Sabtu, 8 Desember 2012 pagi, pukul 04.30-06.00.

Sarasehan
Sharing dan Diskusi “UGM Almamaterku : Melacak Visi Kebangsaan dan Kerakyatan Pendidikan”

  • Tempat : Pendopo Wisma KAGAMA
  • Tanggal : Sabtu, 8 Desember 2012
  • Pembicara : Ketua Pengda KAGAMA DKI Ir. Budi Karya Sumadi, Nukman Lutfie, serta Prof. Sutaryo, Anggota MWA UGM.
  • Moderator : Dr. M. Mukhtasar S
  • Peserta: mahasiswa UGM (undangan perwakilan BEM dan UKM), peserta KGG, penerima beasiswa Kagama Virtual, dan tamu undangan.
  • Tempat terbatas 300 orang.

Donor Darah “One Drop to Save Lifes” 

  • Tempat : Ruang NURI Wisma KAGAMA
  • Waktu: Sabtu, 8 Desember 2012, pukul 08.30-13.00
  • Peserta : Alumni dan masyarakat umum
  • Panitia operasional : UKM Ukesma (Unit Kesehatan Mahasiswa) UGM bekerjasama dengan PMI cabang Sleman.
  • Selain mendapatkan pin dan makan siang, bagi pendonor juga disediakan doorprize.

Pesta Kreasi Limbah Plastik

  • Tema   : Dare To Be Green
  • Waktu: Mulai jam 13.00 Sabtu, 8 Desember 2012
  • Tempat: Pendopo Wisma Kagama
  • Peserta: Anak-anak kelas 1-6 SD

KAGAMA NIGHT

  • Tema     :  “We are the Champions”
  • Tempat : Hall Gelanggang Mahasiswa UGM
  • Waktu  : Sabtu, 8 Desember 2012, mulai 19.00 – 23.30.
  • MC : Lusi Laksita dan Bambang Gundhul
  • Peserta : alumni
  • Performer: Gama Band, Dadang dan Black Mask (Classic Rock), Butet Kartaredjasa
  • Performers :
    • Deluge by Bambang N Karim
    • PSM UGM
    • Padamu Band
    • Gama Band
    • Monolog ButetKartaredjasa
    • Dadangdan Black Mask (classic rock)
    • Gama Band Jam Session

Peresmian Hutan (Puncak Acara)

  • oleh  Menteri Kehutanan H. Zulkifli Hasan, SE., MM.
  • Tempat : Lapangan Cangkringan dan Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi
  • Tanggal : Minggu, 9 Desember 2012, pukul 08.00-09.00
  • Mengundang :
    • Pengurus Pusat Kagama, petinggi UGM, anggota-anggota kehormatan Kagama seperti Wakil Presiden RI, beberapa Menteri dan Wakil Menteri, beberapa anggota DPR RI, pimpinan dan anggota beberapa Lembaga Negara, Pejabat Pemda setempat, dan pengusaha serta pimpinan perusahaan dan lembaga yang mendukung kegiatan Kagama Goes Green, terutama yang secara khusus berkontribusi pada pengadaan tanaman dan pengelolaan untuk HPKKH ini.
  • Peserta akan melakukan Lava Tour dalam perjalanan pulang .

Lomba Foto tema “go green.”

  • Peserta : peserta kegiatan Kagama Goes Green
  • Objek :  momen menarik sepanjang acara, sejak kebarangkatan di Jakarta menuju kampus UGM dan Merapi
  • Waktu : 7, 8, dan 9 Desember 2012.
  • Juri :
    • Ahmad Zamroni
    • Dwi Budi Prasetyo
    • Haryanto R Devcom
    • Kristupa Saragih
    • Nurpinto Hadi
  • Karya pemenang akan dipamerkan pada acara Dies Natalis UGM 2012.

Panitia yang bisa dihubungi

Ketua Umum Irvan Kristanto 081 187 2972
Humas Puthut Gambul 081 893 0197
Acara Bibien 085 628 81813
Pendaftaran Jabodetabek Alfian 0812 2750 8313
Pendaftaran Jogja Ricky 0856 181 8957
Konser Indri 0818 0405 0864
Lomba Foto Luqman 081 847 4500

www.kagamavirtual.com




HOME

Ke Atas

Profil

One thought on “Press Release

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s