Hal Positip Dalam Trading Saham

Serial Belajar Teknikal # 4 Hal – Hal Positip Dalam Trading Saham

Rachmat Kurniawan

Banyak org beranggapan investasi/trading saham adalah rumit, njlimet dan mengerikan. Padahal setelah kita mengetahui seluk – beluk investasi sahamternyata mengasikkan dan menarik.

Apa hal positip yang bisa kita dapat dari investasi/trading saham. Pada kesempatan kali ini saya tekankan pada aktifitas trading saham.

Kalo profit ato loss adalah hal yg biasa dari aktifitas trading, tetapi ada hal lain yang bagus bisa kita dapat.

Ini dia hal positip yg bisa kita dapat.
1. Disiplin
Ketika membuat trading plan, kita sudah menentukan entry ataupun exit point. Maka ketika muncul signal tersebut, maka sebagai trader yang baik dan patuh pada trading plan maka kita harus melakukan eksekusi berdadarkan trading plan. Jangan melanggar aturan yang sudah dibuat, kalo melanggar maka bisa berakibat fatal (baca potensi loss besar).

2. Belajar ikhlas
Ikhlas disini dalam artian menerima profit ataupun loss karena memang sesuai dengan trading plan. Jangan galau kalo saham yang barusan cut loss tiba2x terbang tinggi…masih ada hari esok, bursa masih buka. Cari kesempatan pada saham lainnya.

3. Berani jujur
Hal ini terutama terjadi ketika menyentuh harga stop loss, kita harus jujur ke pribadi kita utk mereview kembali trading plan yg sdh dibuat, apakah sudah sesuai atau belum atau perlu ada perbaikan lagi kedepannya supaya lebih baik lagi.

4. Sabar
Sabar dalam menunggu signal buy, bisa berhari2x, atau mingguan utk sebuah saham yg kita amati. Kita bisa belajar dari filosofi laba2x, bagaimana sabarnya dia ketika menunggu mangsanya, dia buat perangkap dan ditungguinnya entah smp kapan…yg jelas dia yakin suatu saat dpt mangsa.
Dalam tradingpun spt itu..kita harus sabar menunggu dan menunggu…harus tahu diri bahwa kita adala retail….

Apa lagi ya……

Leave a comment