KAGAMA GOES GREEN

Kagama Goes Green

LATAR BELAKANG

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) mempunyai visi mengoptimalisasi peran jaringan alumni dan almamater, dalam rangka penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk mensejahterakan rakyat serta memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengemban visi tersebut dan juga dikaitkan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) maka KAGAMA berusaha mewujudkannya dalam beragam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan seoptimal mungkin melibatkan segenap potensi anggotanya.

Terkait dengan peringatan Dies Natalies Universitas Gadjah Mada tahun 2012 ini, KAGAMA bermaksud akan menyelenggarakan beragam kegiatan dengan mengambil tema KAGAMA Goes Green. Salah satu kegiatan utamanya adalah : KAGAMA bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan RI, mewujudkan hutan pendidikan konservasi yang diberi nama Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri (HPKKH), di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Hutan Pendidikan Konservasi ini ditujukan untuk sarana pembelajaran konservasi bagi mahasiswa dan masyarakat; sekaligus wujud aksi kongkrit KAGAMA dalam mengkampanyekan pengurangan carbon footprint yaitu emisi karbondioksida (CO2) dan gas methane (CH4) dalam kaitannya dengan issue global warming saat ini.

Kegiatan utama lainnya adalah penggalangan dana untuk Beasiswa KAGAMA melalui Konser Musik Amal sebagai bentuk perwujudan kepedulian sosial KAGAMA terhadap mahasiswa UGM yang berprestasi akan tetapi kurang mampu secara finansial. Beasiswa ini sendiri sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir dan menunjukkan perkembangan jumlah donatur dari tahun ke tahun.

TUJUAN

Terciptanya langkah-langkah kongkrit sebagai perwujudan peran aktif KAGAMA sebagai salah satu elemen masyarakat dalam menyikapi permasalahan pendidikan dan lingkungan hidup.

SASARAN

  • Mewujudkan Hutan Pendidikan Konservasi untuk sarana pembelajaran konservasi bagi mahasiswa dan masyarakat; sekaligus wujud aksi kongkrit KAGAMA dalam mengkampanyekan pengurangan carbon footprint yaitu emisi karbondioksida (CO2) dan gas methane (CH4) dalam kaitannya dengan issue global warming saat ini.
  • Menggalang dana beasiswa untuk mahasiswa UGM yang kurang mampu, sebagai salah satu bentuk perwujudan kepedulian KAGAMA terhadap dunia pendidikan saat ini.

STRATEGI

  • Melakukan gerakan penanaman pohon dengan dimulai dari KAGAMA dengan menggerakkan sebanyak mungkin anggota KAGAMA di Indonesia dalam wadah kegiatan yang penuh kekeluargaan.
  • Membuat kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup yang lebih pro lingkungan.
  • Mengadakan pementasan musik amal untuk penggalangan dana yang ditujukan untuk penghijauan Merapi dan pemberian beasiswa kepada mahasiswa UGM yang kurang mampu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s