Press Release: Kagama Virtual Peduli – BERTEMU DAN BERBAGI DI BUKIT DURI

Press Release

Kagama Virtual Peduli

BERTEMU DAN BERBAGI DI BUKIT DURI

Jakarta 27 April 2013 – Hari ini, warga Kampung Melayu kecil, Kelurahan Bukit Duri bergembira menerima kedatangan sekelompok alumni dari Universitas Gadjah Mada di Jakarta ke kampungnya untuk bertemu dan berbagi kepedulian atas nasib kampung mereka yang dikenal sebagai kawasan banjir. Kepedulian para alumni yang berhimpun dengan nama Kagama Virtual Peduli tersebut diwujudkan dalam kegiatan pemberian sumbangan dan penyuluhan. Acara dimulai dengan praktek Sains anak untuk anak-anak SD Perguruan Rakyat 2 kemudian disusul dengan pentas musik dan penyuluhan AIDS serta ditutup dengan penyuluhan dan praktek penyusunan makanan yang memenuhi gizi keluarga terutama bagi yang mempunyai Balita. Semua penyelenggaraan acara tersebut termasuk pembagian paket sembako bagi warga adalah murni sumbangan para anggota KAGAMA yang dikumpulkan melalui KAGAMA VIRTUAL. Aktivitas bantuan ini memang tidak lagi menyasar langsung situasi tanggap banjir.

Alfian Rasyid, Ketua Panitia kegiatan KV Peduli, menjelaskan, sebelum membantu, mereka terlebih dulu berkonsultasi dengan masyarakat tentang jenis bantuan yang paling mereka butuhkan. Dari konsultasi, KV Peduli menemukan masyarakat Bukit Duri ini sudah cukup tanggap terhadap banjir dan cara menghadapinya.Karena itu, mereka lebih menginginkan bantuan untuk menghadapi masalah sosial mereka di bidang pendidikan anak dan remaja. Dari hasil konsultasi tersebut, pegiat KV Peduli kemudian memutuskan untuk member bantuan berupa pemberian sumbangan untuk kegiatan sekolah dan penyuluhan tentang pemenuhan gizi keluarga dalam situasi bencana. Kegiatan berlangsung di SD Perguruan Rakyat 2, di Jalan Kampung Melayu kecil 1, Tebet, Jakarta Selatan. “Kagama Virtual memilih memberikan bantuan untuk bersama-sama belajar lebih tanggap terhadap banjir, mencegahnya dengan segala potensi yang dapat diberdayakan di dalam masyarakat itu sendiri,” jelas Alfian.

Ibu Nuryati, Kepala Sekolah SD Perguruan Rakyat 2 menyatakan kegembiraannya atas kegiatan bakti sosial KV ini. Dia berharap kegiatan semacam ini bisa lebih banyak sehingga membantu menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama warga Jakarta.

Panitia pengarah KV Peduli, SandhyaYudda, menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun hubungan dengan masyarakat di Kampung Melayu Kecil ini secara berkelanjutan. Kedepan, alumni UGM yang berasal dari berbagai disiplin ilmu diharapkan dapat bekerjasama untuk menjadikan kegiatan ini sebagai proyek mikro dalam mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia dan mewujudkan visi KAGAMA untuk mensejahterakan rakyat. “Memang kegiatan ini terhitung kecil, tapi kami berharap ini bisa jadi pemicu untuk kegiatan yang lebih besar dan berkesinambungan dari Kagama di Jakarta serta menginsiprasi suatu bentuk kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat perkotaan.“ kata Sandhya lagi.

Catatan untuk editor :
KAGAMA VIRTUAL adalah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang banyak berkoordinasi dan berdiskusi di jaringan sosial media melalui grup:

FaceBook (KAGAMA),
Milis (alumniUGM@googlegroups.com),
Website (www.kagamavirtual.com)
Twitter (@kagamavirtual)

Informasi lebih lanjut:

Alfian Rasyid. (alfianrasyid@gmail.com, no tlp : 081227508313 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s