Goresan Langkah Kagama Virtual di Facebook

~Goresan Langkah Kagama Virtual di Facebook~

Kebutuhan-kebutuhan Alumni

Di masa lalu yang belum terlalu lama, saya menuliskan di milis kagamamuda, kebutuhan seorang alumni UGM terhadap KAGAMA itu hanya ada tiga:
1. Berita mengenai kampus
2. berita mengenai kegiatan dan keberadaan alumni lain dan yang terakhir
3. Ruang interaksi antar alumni.

Tulisan itu saya tulis dalam diskursus setelah terpilih ketua yang baru sekarang terpilih. Mungkin tulisan saya terlalu menyederhakan terhadap ekspektasi terhadap organisasi alumni sebesar KAGAMA, namun ya itu hanya sekedar gagasan kecil dari seorang buruh kecil yang jauh dari hiruk pikuk ibukota, dan tidak mengikuti perkembangan KAGAMA.

Sekitar pertengahan tahun lalu, saya berdiskusi dengan Mas Rovicky Dwi Putrohari, mengenai nostalgia KKN di dunia maya, dokumentasinya ada di https://kagamavirtual.com/2011/04/14/nostalgia-kebersamaan-selama-kkn-ugm/ . Intinya adalah bagaimana membuat ruang diskusi di dunia supaya kebersamaan selama KKN terjaga dan terbiasa diksusi multi disiplin socio-economi-legal-tehnik dll menjadi koheren tetap terjaga. Saya kemudian membuat milis alumniugm@googlegroups.com, yang kemudian diaktifkan oleh Mas Uda Ferizal Ramli, THS Tri H Sulistiyo, mbak Destina Kawanti dkk. Dan sekitar akhir tahun lalu, saya membuat grups ini bersama-sama dengan Yulianto Eko Rakhmat, Mas Uda Ferizal Ramli, dan berusaham membesarkannya bersama-sama dengan admin lain Wahyu W. Basjir Mas Bambang N Karim Nurcahya Priyonugroho Bintang ‘Bibien’ Wisnuwardhani mBak Destina Kawanti Mas Israr Ardiansyah Mas Nurhadi dan admin-admin yang lain, sampai di titik saat ini.

Seperti sudah kita ketahui bersama, Tujuan Groups ini adalah tempat menyambung silaturahmi buat siapapun, yang pernah mengenyam pendidikan di UGM betapapun sebentarnya, sebagai media bertukar pikiran dan aksi nyata buat meningkatkan solidaritas alumni dan kemajuan Kampus. Tujuan dari Facebook Groups KAGAMA ini adalah untuk menjalin silahturahmi dan bertukar informasi yang akhirn…ya dimungkinkan terjalin kerja sama semakin erat antar keluarga besar alumni Gadjah Mada demi kepentingan alumni, almamater dan keuntungan positif lainnya. Saya yakin Anda pasti sudah pernah membaca dan atau melihat dari paragraf ini, kalau belum mungkin sekarang saatnya Anda membaca, atau kalau tidak sempat, admin memasangnya di bagian kanan atas di bawah member, pada bagian deksripsi grups ini.

Saya tidak tahu, apakah tujuan dari groups ini sudah tercapai, semuanya berpulang kepada ekspektasi dan kontribusi pribadi kita masing-masing terhadap keberadaan grups ini. Sebagai pribadi, grups ini sudah menjawab sedikit dari kebutuhan saya sebagai seorang alumni UGM, berita dari kampus, berita kegiatan dan keberadaan alumni, dan ruang interaksi di antara alumni. Disampaing ekspektasi kecil saya tadi, jejaring virtual kita sudah menghasilkan sedikit aksi-aksi positif, seperti beasiswa KAGAMA, pertemuan-pertemuan alumni berbagi kota, ruang belajar buat alumni-alumni yang masih muda, dan persahabatan2 baru atau yang sebelumnya pernah terjalin.

Mengenai keberadaan grups ini, saya sudah mendiskusinya dengan Sekjen PP Kagama, Pak Prof Budi Wignyosukarto, dokumentasinya ada di https://kagamavirtual.com/2011/03/14/laporan-pisowanan-kagama-virtual-ke-pp-kagama/ , intinya adalah instrumen2 virtual yang dibuat adalah untuk “ngaruhke, nguwongke dan ngopeni” jejaring alumni UGM dan tidak dianggap liar oleh PP KAGAMA. Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah penggunaan http://kagama.net/ sebagai domainnya majalah resmi KAGAMA (saya baru berhasil mengunggah 2 edisi), dan diperkenankan menggunakan nama beasiswa KAGAMA untuk dana yang digalang teman2 (saat ini ada dana 53 jt di rekening dan sedang menunggu kandidat penerima dari rektorat). Dalam satu kesempatan, saya juga sempat diajak makan siang oleh Pak Rektor, karena jejaring2 virtual alumni, yang salah satunya adalah grups ini, dokumentasinya ada di https://kagamavirtual.com/2011/06/05/makan-siang-bersama-pak-rektor-ugm/ , dan salah satu hasilnya adalah pages gadjah mada university yang dicreate dan dikelola oleh teman-teman sekarang sudah dilink-kan ke web http://ugm.ac.id/, jadi UGM sekarang memiliki fans pages yang membernya ~64500 orang. Saya juag sempat sowan lagi ke PP Kagama, ketika nembung agar sekretariat PP Kagama di Jogja bisa digunakan untuk aktivitas teman2 KLC Jogja (Kagama Learning Community).

Kembali ke groups ini, dengan jumlah anggota yang 4300-an, mungkin merupakan salah satu aset yang potensial dalam membangun solidaritas alumni, seperti tujuan adanya groups ini. Saya percaya dan yakin admin sudah bekerja keras untuk mencapai tujuan itu, dan andaipun dari tujuan dan fungsi groups ini belum tercapai, menjadi kewajiban kita semualah untuk memberikan kontribusi positif dan menjaga agar tujuan tersebut tetap tercapai. Teman-teman yang menjadi admin, bekerja hanya berdasarkan passion dan kerja sosial tanpa imbalan apapun, dan saya sangat menghargai kerja keras mereka semua, dan saya masih percaya dengan mereka untuk bersama-sama mengelola groups ini kedepan.

Selama ini (meskipun diskusi mengenai aturan diantara admin sudah berlangsung lama), kami admin mempercayai aturan baku belum diperlukan dalam groups ini, karena kami yakin members-members groups ini adalah alumni UGM yang well educated, memiliki intelektualitas yang tinggi, memahami netiket dan bisa menjaga ketertiban dalam ruang interaksi yang tersedia. Dan kalau seandainya ada yang kurang bisa memanfaatkan kepercayaan yang kami berikan, admin akan mengambil peran yang lebih aktif untuk mengelola groups ini agar tujuan tercapai, dan tentusaja itu butuh kontribusi positif dari setiap member ini. Dan sekali lagi salut buat seluruh Admin yang sudah bekerja dengan luarbiasa sehingga menjadikan grups ini menjadi seperti saat ini.

Monggo kita lanjutkan kontribusi positif dari seluruh anggota,

salam,
Sulastama Raharja
~disela-sela tenggat thesis dan driiling schedule~

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s